SIPIL ENG.

Kurikulum Teknik Sipil UNSIL


Kurikulum Teknik Sipil dirancang sesuai dengan  visi, misi, tujuan dan sasaran  program studi. Realisasinya kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip : (1) Adanya standar kategori mata kuliah  pengenalan (Introduction), lanjutan (Intermediate), dan advance, (2) Kurikulum terdiri atas klasifikasi mata kuliah wajib dan mata kuliah  pilihan, (3) Organisasi kurikulum antara kelompok bidang ilmu dan profesi dilakukan secara concurrent, (4) Perkembangan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebutuhan profesional lulusan.

Kurikulum Teknik Sipil berorientasi pada perkembangan ilmu dan profesi bidang teknik sipil dengan memperhatikan lapangan. Relevansi kurikulum sesuai tuntutan stakeholder menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan kurikulum. Kurikulum dikembangkan dengan pendekatan Concurrent, melalui pendekatan ini mata kuliah yang mengembangkan kemampuan bidang studi Teknik Sipil dengan mata kuliah yang mengembangkan kemampuan profesional keteknikan dan mata kuliah yang mengembangkan kepribadian calon sarjana diorganisasikan secara bersamaan.

Dengan pendekatan concurrent, struktur kurikulum menempatkan kelompok mata kuliah MKU (Mata Kuliah Umum) = 10 SKS, MKT (Mata Kuliah Utama) = 90 SKS dan MKK (Mata Kuliah Khusus) = 44 SKS  dalam satu susunan yang memungkinkan mahasiswa mempelajarinya dalam waktu bersamaan. Dengan organisasi seperti itu mahasiswa diperkenankan pada tugas–tugas profesionalnya secara utuh sejak awal pengalaman belajar mereka dalam suasana yang konduksif.

Kurikulum Teknik Sipil dirancang dengan mengacu pada berbagai kompetensi yang  harus dikuasai lulusan yang mencakup kompetensi bidang teknik sipil  dan profesionalisme. Kurikulum  Teknik Sipil  dikembangkan dengan menggunakan pendekatan topik inti yang mengacu kepada konsep – konsep dasar yang esensial dari disiplin ilmu yang terkait. Topik inti merupakan aspek –aspek substantif esensial bagi bidang keteknikan. Aspek substantif esensial dapat berupa materi disiplin ilmu Teknik Sipil dan kompetensinya.

Disiplin ilmu Teknik Sipil dalam implementasinya menggunakan berbagai disiplin ilmu terapan seperti, Matematika, Fisika, komputer,  manajemen, Teknologi, dan umum, secara sinergis keseluruhan ilmu terapan tersebut terakomodasi dalam materi pembelajaran yang menjadi konten kurikulum.

Pelaksanaan praktikum dan tugas perencanaan terintegrasi dan strukturnya melekat pada mata kuliah yang mencirikan kompetensi inti yang diharapkan. Praktikum dan tugas perencanaan memberikan warna khusus pada Program Studi Teknik Sipil yang memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memperkuat analisis dan studi aplikasi. Sehingga mahasiswa dihadapkan pada pembelajaran realita kompetensi yang ditekuninya, mengembangkan pribadi mahasiswa dan konsep berpikir maupun kemandirian berpendapat. Jumlah mata kuliah yang disertai praktikum adalah 9 mata kuliah dan jumlah mata kuliah yang disertai tugas perencanaan adalah 14 mata kuliah.

Kurikulum Berdasarkan Kelompok Keilmuan (pdf, 9 Kb)
Konversi Mata Kuliah dari Kurikulum 2004 ke 2007 (pdf, 18 Kb)
Konversi Mata Kuliah dari Kurikulum 2007 ke 2011 (pdf, 18 Kb)