Manajemen Laboratorium

Laboratorium Teknik Sipil

UNIVERSITAS SILIWANGI

Laboratorium di Jurusan Teknik Sipil merupakah salah satu fasilitas yang berada di lingkungan jurusan teknik sipil Universitas Siliwangi. Laboratorium berfungsi sebagai sarana pembelajaran praktis dan ekperimental bagi mahasiswa dan dapat dipergunakan sebagai pelayanan riset/penelitian keteknikan yang mencakup bidang teknik sipil antara lain teknologi bahan, mekanika tanah, transportasi dan perkerasan jalan raya, hidraulika dan ilmu ukur tanah.

  1. Laboratorium Teknologi Beton

Laboratorium Teknologi Bahan konstruksi ini  dipergunakan untuk pratikum mata kuliah teknologi bahan. Selain digunakan untuk pratikum perkuliahan laboratorium ini juga dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dan dosen dalam rangka pengembangan keilmuan. Selain untuk internal laboratorium Teknologi Bahan Konstruksi juga dipergunakan untuk pelayanan konsultasi teknik (jasa) bidang teknologi dan bahan. Peralatan yang sudah dimiliki antara lain :

No Jenis peralatan
1 Concrete Mixer
2 Concrete Testing Machine
3 Slump Test
4 Comprassion Machine
5 Los Angeles
6 Hydraulic Concrete Beam Testing Machine(Uji Lentur)
7 Uji Mortar

Peralatan tersebut dipergunakan untuk:  Pemeriksaan bahan susun beton, Perencanaan Campuran Beton, dan Pemeriksaan dan pengujian beton ; menentukan kuat hancur beton pada umur 28 hari.

2. Laboratorium Mekanika Tanah

Laboratorium ini dipergunakan untuk penyeledikan tanah sehingga dapat mengetahui dan mengenal sifat-sifat fisik dan jenis tanah di laboratorium, baik dalam keadaan asli (undisturbed) maupun keadaan terganggu (disturbed) serta melakukan pengujian dan pemeriksaan tanah di lapangan. Selain digunakan untuk pratikum perkuliahan laboratorium ini juga dipergunakan untuk penelitian mahasiswa dan dosen dalam rangka pengembangan keilmuan. Selain untuk internal laboratorium Teknologi Bahan Konstruksi juga dipergunakan untuk pelayanan konsultasi teknik (jasa)mekanika tanah.

Untuk menunjang kegiatan praktikum tersebut peralatan yang dimiliki sudah memenuhi standart peralatan praktikum Laboratorium Mekanika Tanah antara lain : Standart Penetration Test, Sample extruder, Sieve Shaker. Yang dapat digunakan:

  • Untuk Pengujian Tanah
  • Pemeriksaan Kadar Air Tanah
  • Pemeriksaan Berat Jenis Tanah
  • Analisa Butiran Tanah (Analisa Saringan),
  • Pengujian Geser Tanah. ¬†
  • Pengujian Konsolidasi Tanah
  • Pengujian Permeabilitas Tanah.

3. Laboratorium Ilmu Ukur Tanah

Kegiatan pada Laboratorium Ilmu Ukur Tanah ialah melaksanakan praktikum Ilmu Ukur Tanah sebagai sarana penunjang bagi mahasiswa agar mampu melakukan pengukuran sudut dan beda tinggi pada suatu lokasi serta dapat membuat peta situasi dari suatu daerah secara tepat dan akurat.  Peralatan yang dimiliki adalah Waterpas , Thedolite (manual dan digital), Bak Ukur, Yallon. Laboratorium ini dipergunakan untuk sarana penelitian mahasiswa, dosen serta pelayanan konsultasi Teknik (jasa) bidang survey.

4. Laboratorium Jalan Raya

Laboratorium Jalan raya ini dilengkapi dengan fasilitas/peralatan antara lain : Los Angeles Abrassion Machine, Saringan (Sieve), Oven Sand Equiovalent Test Set, Penetrasion Test Set, Dynamic Cone Pentrometer (DCP). Laboratorium ini dipergunakan untuk sarana penelitian mahasiswa, dosen serta pelayanan konsultasi Teknik (jasa) bidang jalan raya.

5. Laboratorium Hidrolika

Laboratorium Hidrolika dilengkapi dengan fasilitas/peralatan saluran terbuka dan saluran tertutup. Laboratorium ini dipergunakan untuk sarana penelitian mahasiswa maupun dosen bidang keairan.