Sejarah

Sejarah

Fakultas Teknik Universitas Siliwangi (UNSIL) merupakan perguruan tinggi negeri sejak tahun 2014, UNSIL merupakan perguruan tinggi terbesar di wilayah Priangan Timur yang mengemban tugas dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, yaitu pelaksanaan pengajaran, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Program Studi Teknik Sipil merupakan bagian dari Fakultas Teknik Universitas Siliwangi. Berdiri sejak tahun 1983, Program Studi Teknik Sipil bermula dari perguruan tinggi dengan status swasta dan kemudian berubah status menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2014.

Tuntutan dari perkembangan teknologi yang begitu pesat membutuhkan sumber daya manusia yang mempuni dan andal. Tingginya tantangan dari teknologi berimplikasi pada meningkatknya kebutuhan energi dengan kualitas yang baik. Program Studi Teknik Sipil UNSIL memandang perlu meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa peraturan yang mendasari perkembangan ilmu dan teknologi guna menghasilkan kurikulum yang lebih baik diantaranya dalah Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 Pasal 97 simana menjelaskan bahwa kurikulum perguruan tinggi harus berbasis pada kompetensi (KBK), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 049 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan ditetapkannya kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) oleh pemerintah melalui Perpres No. 8 Tahun 2012 sebagai acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, perguruan tinggi perlu melakukan penyesuaian danĀ  pengembangan kurikulum yang digunakan.